Minggu, 10 Maret 2013

Pidato "Akselerasi"


Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang terhormat, gurunda dan teman-teman sekalian yang saya cintai.
Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan dan kesehatan sehingga  berkumpul di tempat yang sederhana ini. Dan tak lupa kita ucapakan shalawat dan tasbih kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang telah mengantarkan kita semua  ke alam yang terang benderang ini. Dan guna saya berdiri disini untuk menyampaikan sedikit hal tentang Akselerasi.

Gurunda dan teman-teman sekalian.
 Tema ini tak asing lagi bagi kita, bahkan Akselerasi sudah merupakan bagian dari kita sekarang. Yah, tentu kalian sudah tahu bahwa Akselerasi adalah program percepatan.  Program akselerasi sudah popular di dunia pendidikan dan diberlakukan pada beberapa sekolah saat ini apalagi, pada jaman yang serba cepat seperti saat ini manusia dituntut untuk melakukan segala sesuatunya dengan cepat. Hal inilah yang diyakini efektif untuk mempercepat mencetak bibit unggul dalam usia muda. Akselerasi memberikan banyak peluang kepada kita yang menjalaninya, yaitu lebih awal tamat daripada waktu yang ditentukan. Dan beberapa keuntungan lain siswa yang ikut dalam program akselerasi yaitu, efesiensi dalam belajar meningkat, efektivitas dalam belajar meningkat, adanya rekognisi terhadap prestasi yang dimiliki, waktu untuk meniti karir lebih banyak, produkstivitas meningkat, pilihan eksplorasi dalam pendidikan meningkat, siswa diperkenalkan dalam kelompok teman yang baru. Selain itu  siswa yang bakat intelektualnya tinggi dibantu secara khusus sehingga mereka mendapatkan bantuan pengajaran lebih sesuai bakatnya. Serta dorongan lingkungan sosial karena berada dalam satu kelas dengan siswa lain yang kemampuan intelektualnya sebanding, sehingga lebih memberikan tantangan dan tidak memungkinkan bermalas-malasan dalam belajar, dan mengurangi beban orangtua untuk biaya pendidikan karena waktu tempuh pendidikan yang dapat dipersingkat.

 Gurunda yang saya hormati dan teman-teman sekalian.
Dibalik dari itu, ada kelemahan program ini yaitu diantaranya menyangkut penyesuaian sosial siswa, seperti siswa akan didorong untuk berprestasi dalam bidang akademiknya sehingga mereka kekurangan waktu beraktivitas dengan teman sebaya, juga beban tugas yang terlalu banyak bisa menjadi tekanan bagi kesehatan mental. Hal ini akan menyebabkan siswa tersebut mudah marah dan frustasi sehingga hubungan sosial baik dengan teman sebaya maupun orang lain menjadi tidak baik, dan kurangnya waktu untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Maka dari itu dibutuhkan penyesuaian diri bagi kita untuk dapat mengimbangi dan mengatur waktu sebaik-baiknya, selain itu tetap menjalin kerjasama yang baik dengan lingkungan sosial.
 Dan demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Wabillahitaufik walhidayah wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar